IN HOUSE TRAINING DI PENGADILAN NEGERI PROBOLINGGO
Probolinggo, 21 Maret 2025 dan 17 April 2025
Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan membentuk lingkungan kerja yang inklusif serta profesional, Pengadilan Negeri (PN) Probolinggo mengadakan dua kegiatan pelatihan penting yang diikuti oleh para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan pejabat structural PN Probolinggo.
Pelatihan Pertama Yaitu Pelatihan Bahasa Isyarat Bersama SLB Sinar Harapan 1
Pada hari Jumat, tanggal 21 Maret 2025, PN Probolinggo menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat yang diikuti oleh petugas PTSP dan pejabat struktural. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dari SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo, yakni Ibu Yasmin Afni Fitria dan Ibu Nur Rohma Qomariah.
Pelatihan ini membahas materi seputar jenis-jenis disabilitas, penanganan disabilitas, serta etika saat berinteraksi dengan kaum tuli. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali para petugas dengan pemahaman dan keterampilan dasar dalam berkomunikasi dengan masyarakat penyandang disabilitas, khususnya penyandang tuna rungu, sehingga dapat menciptakan layanan yang ramah, setara, dan inklusif.
Yang Dilanjutkan Dengan Pelatihan Pelayanan Prima oleh BSI
Melanjutkan pelatihan dari SLB, PN Probolinggo kembali menyelenggarakan pelatihan dengan tema "Pelayanan Prima" yang bekerjasama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia). Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 17 April 2025 dan diikuti oleh petugas PTSP. Pelatihan ini difokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
Materi yang diajarkan meliputi pentingnya menjaga kesehatan mental saat melayani masyarakat, cara memberikan pelayanan yang benar dan berkesan, menciptakan kesan dan pesan yang positif, perbaikan sikap (attitude), kemampuan komunikasi (communication skill), serta postur tubuh dan penampilan dalam pelayanan publik.
Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelayanan yang humanis, komunikatif, dan profesional, agar masyarakat yang datang ke PN Probolinggo mendapatkan pengalaman pelayanan yang optimal.
Dengan adanya pelatihan-pelatihan ini, PN Probolinggo terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang prima, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
By Tim Humas PN Probolinggo 2025
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas